Disarankan memakai Mozilla Firefox saat browser.

27 Mei 2011

Ajak Anak Anda Tertawa

Dengan tertawa, akan terpancar makna kondisi kesehatan jiwa dan raga si kecil. Ajak bayi tertawa!
Untuk bisa tertawa, kita butuh “kejutan” (suprise).
Itu sebabnya, kita tak bisa menggelitik diri sendiri agar bisa tersenyum. Namun, bagaimana kerja otak menggunakan informasi ini sampai terjadinya tawa, memang masih sebuah misteri.

Berikut adalah beberapa “kejutan” yang bisa merangsang si kecil tertawa.
  • Gerak-gerakkan wajah Anda. Kadang-kadang, dengan menjulurkan lidah Anda dan sedikit tarikan wajah. Bahkan, kerlingan mata Anda pun sudah bisa membuat bayi tergelak-gelak.
  • Gelitik pinggang atau telapak kakinya dengan jari-jari Anda, atau ciumi perutnya, biasanya bayi akan tertawa terbahak.
  • Bermain ciluk ba. Tutup dan buka kembali wajah Anda dengan telapak tangan, dengan sedikit tarikan wajah yang menunjukkan senyum atau tawa Anda. Bayi akan bertambah senang jika disertai sedikit suara yang mengagetkan.Atau, buat “tirai” yang membatasi  bayi dengan Anda. Ketika  “tirai”-nya dibuka dengan cepat, bayi akan melihat wajah Anda yang semula “hilang”, muncul kembali dengan penuh tawa.
Menyanyikan lagu anak-anak dengan mengayun-ayunkan tubuhnya di pangkuan Anda. Pada akhir lagu, buat sedikit kejutan dengan mengeraskan beberapa kata. Biasanya, bayi akan menyukainya dan tertawa tergelak-gelak. Sumber : ayahbunda.co.id

Back to HOME

Tips Lainnya :