Disarankan memakai Mozilla Firefox saat browser.

01 Februari 2011

Ganti Baju Tanpa Heboh (01-02-2011)

    Bayi baru lahir tampak ringkih. Wajar bila Anda khawatir saat melepas dan memakaikan dia baju, karena takut leher, kepala, tangan atau kakinya keseleo, bahkan terlepas! Ayo Bunda, buang rasa khawatir dengan mengikuti langkah-langkah mengenakan baju : Tetap Tenang.  Umumnya bayi rewel saat digantikan baju karena....
tidak suka dibuka bajunya.
Jangan panik. Lanjutkan saja membuka bajunya. Lakukan dengan cepat tetapi hati-hati. Ajak bayi bicara atau nyanyikan lagu untuk menghiburnya.
Rajin Berlatih.
Anda dan bayi sama-sama sedang belajar, termasuk belajar cara mengganti baju yang efisien; apakah itu dilakukan sambil membaringkan bayi di pangkuan Anda, atau meletakkannya di baby tafel ?
Temukan cara paling nyaman bagi Anda berdua!
Praktek Pertama : Pakaikan baju tanpa kancing depan
 
  1. Baringkan bayi, gulung baju bayi dr bawah ke bgn leher. Regangkan bagian lehernya, lalu dekatkan bagian depan baju pada dagu bayi.
  2. Perlahan angkat bagian belakang kepala bayi menggunakan tangan kiri Anda, sementara tangan kanan Anda menurunkan bagian belakang baju. Saat menurunkan baju, pastikan tidak mengenai wajah bayi. 
  3. Turunkan kembali kepalanya. Setelah itu, regangkan bagian tangan baju dan tahan dengan jari Anda. Perlahan-lahan, masukkan tangan bayi. Ulangi untuk tangan yang lain. Tarik baju ke bawah dan rapikan.
Latihan Lain : Mengenakan baju overall.
  1. Baringkan bayi di atas overall dengan bagian leher baju sejajar  dengan leher si  kecil.
  2. Gulung pipa celananya, regangkan, lalu masukkan kaki bayi ke dalamnya sampai  ujung jari kakinya menyentuh ujung pipa celana.  Tarik pipa celana ke arah  pinggang. Ulangi untuk kaki yang lain. 
  3. Gulung lengan overall, regangkan, lalu masukkan telapak tangan Anda ke lubang  lengan baju sementara tangan lain meraih tangan bayi. Tarik lengan baju ke arah   bahu bayi. Ulangi untuk tangan yang lain. 
  4. Tutup semua kancing dan rapikan.  
Praktis dan nyaman itu penting.  Karena Anda masih belajar memakaikan baju pada bayi, penting untuk  memilih baju dengan model sederhana, atau yang tidak mempersulit Anda saat mengenakan atau melepasnya dari tubuh bayi - khususnya saat melakukannya di tengah malam, dalam keadaan mengantuk, atau saat bayi basah terkena ompol. (sumber : ayahbunda.co.id)

Back Home

Tips Lainnya :